selamat datang di website Pengadilan Negeri Purwodadi kelas 1 B. Website ini telah dilengkapi akses difabel. Silahkan blok teks dan klik ikon speaker untuk mendengarkan   Click to listen highlighted text! selamat datang di website Pengadilan Negeri Purwodadi kelas 1 B. Website ini telah dilengkapi akses difabel. Silahkan blok teks dan klik ikon speaker untuk mendengarkan Powered By GSpeech
features MENGIKUTI SOSIALISASI IMPLEMENTASI SPPT-TI BERSAMA KEMENKO POLHUKAM

MENGIKUTI SOSIALISASI IMPLEMENTASI SPPT-TI BERSAMA KEMENKO POLHUKAM

24 Agu

Detail Kategori: Berita Terkini
Ditulis oleh admin

Purwodadi – Selasa, 24 Agustus 2021. Menindaklanjuti Surat Edaran Pengadilan Tinggi Jawa Tengah Nomor W12.U/1546/KP.07.01/8/2021 tentang Sosialisasi Implementasi SPPT-TI Pengadilan Negeri Purwodadi Kelas IB mengikuti Sosialisasi Penanganan Perkara Pidana Secara Terpadu Berbasis Teknologi Informasi (SPPT-TI)  bersama Kemenko Polhukam di Ruang Sidang Utama Pengadilan Negeri Purwodadi Kelas IB.

Acara tersebut dimulai pada pukul 10.00 WIB dihadiri oleh Ketua, Panitera dan Panitera Muda Pidana Pengadilan Negeri Purwodadi Kelas IB dengan tetap menjalankan protokol kesehatan pencegahan penyebaran COVID-19. SPPT-TI ini merupakan satu kesatuan rangkaian dari sistem manajemen perkara pidana mulai dari penyelidikan, penyidikan, penuntutan, persidangan dan pelaksanaan putusan atau penetapan yang melibatkan komponen peradilan pidana yakni Kepolisian, Kejaksaan, Pengadilan dan Lapas dengan memanfaatkan teknologi informasi yang menghasilkan informasi yang bermanfaat dalam penegakan hukum. 

Dalam kegiatan sosialisasi ini, disampaikan Pengadilan Negeri memiliki peranan dalam implementasi SPPT-TI antara lain Kelengkapan dan Pengisian data perkara; Ketepatan Waktu Pembaruan Data; Keakurasian Pengisian data perkara; serta Sinkronisasi/penyamaan data dengan server Mahkamah Agung dan Direktori Putusan. Selain itu, Pengembangan SIPP telah menunjang SPPT-TI yang antara lain sebagai berikut Pengadilan Negeri dapat menerima dan melihat data yang dikirim oleh Aparat Penegak Hukum lain melalui Aplikasi SIPP; Pengadilan Negeri dapat melengkapi data secara mandiri jika terdapat kekurangan data; serta Peningkatan validitas data yang dikirimkan ke pusat pertukaran data. 

Dalam kegiatan sosialisasi ini, disampaikan pula yang perlu digaris bawahi adalah bahwa SPPT –TI ini bukan menggantikan sistem yang ada saat ini di lingkungan MA (seperti Direktori Putusan, Simari, SIPP, dll). Berikut hasil beberapa dokumentasi dari acara tersebut.

    


Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech